oleh

Kurangnya Pemahaman Sanitasi, Bappelitbangda Kotamobagu Bentuk TBNK Santun

Kotamobagu, FaktaBMR.com – Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Kotamobagu launching program TBNK Santun (Tempat Berdikusi daN Konsultasi SANitasi TUNtas), di Aula Bappelitbangda Kotamobagu, Rabu (20/11/2019).

Kepala Bidang (Kabid) Perekonomian, Sumber Daya Alam, Infrastruktur dan Kewilayahan, Ahmad A. Abasi, mengatakan salah satu permasalahan prioritas yang menyebabkan belum tercapainya target sanitasi yang layak di Kotamobagu yaitu masih kurangnya perencanaan pembangunan terkait infrastruktur dasar sanitasi di desa.

“Dari permasalahan tersebut ditarik akar masalah prioritas, sehingga masih kurangnya perencanaan pembangunan terkait infrastruktur dasar sanitasi di desa yaitu disebabkan masih rendahnya pemahaman masyarakat serta aparatur Pemerintah Desa terkait teknis pembangunan sanitasi yang layak sesuai kewenangan yang diatur oleh ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Baca Juga : Pemkot Kotamobagu Susun Dokumen KLHS Rencana Detail Tata Ruang

Menurutnya, dari akar permasalahan tersebut diperlukan inovasi yang bertujuan meningkatkan pemahaman pemerintah Desa terkait infrastruktur dasar sanitasi, “salah satunya dengan dibentuknya ruang konsultasi sanitasi daerah atau yang dinamakan TBNK Santun (Tempat Berdikusi daN Konsultasi SANitasi TUNtas) Kotamobagu,” ungkapnya.

Dengan dibentuknya ruang konsultasi sanitasi daerah, Bappelitbangda akan memfasilitasi pemerintahan di tingkat desa untuk bisa berkonsultasi masalah perencanaan dan pembangunan sanitasi di desa dengan kelompok kerja sanitasi daerah yang terdiri dari berbagai OPD terkait sanitasi, “dengan harapan akan semakin meningkatnya pemahaman pemerintah Desa terkait sanitasi sehingga target percepatan pembangunan sanitasi akan tercapai,” pungkasnya.

Penulis: Ainur Rofik

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed