oleh

Protokoler Peran Penting Setiap Kegiatan

Kotamobagu, FaktaBMR.com – Sukses dan meriahnya serangkaian acara Hari Ulang Tahun ke 74 Republik Indonesia di Kotamobagu, juga salah satunya adalah peran penting Protokoler dalam suatu kegiatan acara yang dilaksanakan.

Sebab peran Keprotokolan sangat penting karena berkaitan dengan kegiatan maupun aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara, dan Tata Penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat.

Protokoler juga berkaitan dengan dengan formalitas, tata urutan dan etiket diplomatik. Aturan-aturan protokoler ini juga menjadi acuan institusi pemerintahan dan berlaku secara universal.

Kasubag Protokol Kotamobagu, Novarita Damopolii, SE, mengatakan untuk suksesnya sebuah acara dirinya juga sering melakukan breifing pengarahan untuk pembagian tugas dan tanggung jawab di semua rangkaian acara kegiatan.

“Suatu Event kegiatan berjalan baik dan benar akan sangat tergantung pada protokoler, untuk itu kami juga selalu menjaga kekompakan tim,” ujar Nova, saat di temui FaktaBMR.com, Sabtu (17/08/2019).

Menurutnya, jika tidak dikonsep dengan baik maka bisa mengakibatkan sebuah acara menjadi tidak baik dan bisa juga akan amburadul, untuk itu antar tim juga saling menjaga sinergitas dan kekompakan serta disiplin dan penuh tanggung jawab.

“Ada banyak hal yang tidak terduga dapat terjadi saat acara berlangsung, butuh kecekatan, naluri antisipatif dan spontanitas yang tinggi untuk mengatasi keadaan, ketelitian dan kecermatan karena itu juga sangat penting,” ungkapnya.

Dirinya mengakui masih ada perasaan grogi meski sudah lama bertugas sebagai protokoler sejak awal menjadi ASN sekitar 2006 hingga sekarang, apalagi dalam memandu acara besar kenegaraan seperti peringatan HUT RI ini.

Untuk menjaga kesehatan, suara vokal yang baik menyangkut tekanan, intonasi, pelafalan, intensitas dan kecepatan, kosa kata yang relevan dan aktual, tata bahasa yang baik dan benar, dirinya selalu menjaganya dengan minum jeruk nipis dengan madu.

Sementara itu, Monita Mokoagow yang juga merupakan protokoler Kotamobagu, menyampaikan bahwa dirinya baru pertama ini membawakan acara kenegaraan didalam acara HUT RI ke 74.

“Ini perdana saya bertugas sebagai protokoler acara HUT RI, dan tentunya sangat grogi, tapi Alhamdulilah dan berkat dari ibu kasubag juga, dan dari kekompakan semua tim, saya bisa bertugas dengan baik dan lancar,” ungkap Monita.

Penulis : Ainur Rofik

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed