oleh

Bolmong Bakal Ketambahan Satu Kecamatan Hasil Pemekaran

-bolmong-251 views

BOLMONG– Keinginan masyarakat agar kecamatan Poigar Kabupaten Bolang Mongondow (Bolmong) Sulut dimekarkan menjadi dua kecamatan disambut baik oleh Pemerintah daerah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolmong, Tahlis Gallang saat dikonfirmasi mengatakan pemekaran Kecamatan itu Dapat dilaksanakan Mengingat persyaratan sudah memenuhi.

“Secara administrasi pemerintah daerah menilai pemekaran kecamatan sudah memenuhi syarat dan layak, kita tinggal tunggu proposl pengajuan dari kecamatan” kata Tahlis.

Ia menambahkan apabila semua persyaratan administrasinya telah terpenuhis maka Pemkab Bolmong akan menindaklanjuti dengan menyerahkan ke Gubernur untuk persetujuan.

“Setelah disetujui Gubernur tinggal di Paripurnakan,” tutur mantan Sekda Kabupaten Bolsel dan Kota Kotamobagu ini.

Diketahui pemekaran kecamatan baru itu yakni Kecamatan Poigar Barat, yang meliputi 10 desa yakni Desa Wineru, Nonapan, Nonapan 1, Nonapan Baru, Nonapan 2, Mariri Lama, Mariri 1, Mariri 2, Tanjung Mariri, dan Mariri Baru.

Untuk Ibu Kota Kecamatan Poigar Barat ditetapkan di Desa Nonapan Baru, sekaligus penempatan Koramil, sedangkan untuk lokasi perkantoran panitia mengusulkan separuh lahan HGU seluas 3 hektare.

Terpisah Camat Poigar, Dedy Mokodongan mengatakan, usulan pemekaran kecamatan ini sudah lama di ajukan, dan saat ini mendapat respon baik dari Pemerintah daerah.

” Usulan ini sudah ada sejak 7 tahun lalu, sehingga kita tinggal mendorong agar segera dimekarkan,”ujar Mokodongan.

Menurut Mokodongan, berbagai syarat pemekaran telah terpenuhi tinggal proposal pengajuan pemekaran yang akan diserahkan ke Pemkab Bolmong.

“Syarat pemekaran telah terpenuhi seperti 20 Desa satu kecematan dan dalam usulan pemekaran ini 20 desa kami bagi dua, dan Ibu Kota Kecamatannya berada di tengah, tinggal administrasi yang kita lengkapi,” ungkapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed